Buka Sosialisasi dan Pencanangan Dukcapil Go Digital, Wali Kota Harap Pelayanan Publik Makin Optimal

MADIUN – Pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) terus mengalami transformasi ke arah yang lebih mudah dan efisien. Hal itu sejalan dengan dicanangkannya Dukcapil Go Digital yang digelar oleh Pemkot Madiun melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Rabu (11/10).

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Maidi menyebut bahwa identitas penduduk tidak bisa lepas dari diri penduduk itu sendiri. Maka apa saja yang berhubungan dengan digital dan membawa ke arah yang lebih efisien akan dikedepankan karena menjadi tolak ukur untuk semua program.

“Misalnya, jumlah penduduk sekian, program apa yang akan datang dalam waktu pendek dan jangka panjang dasarnya itu (data penduduk, red). Supaya program sasarannya tepat,” terangnya.

Program Dukcapil Go Digital ini, lanjutnya, akan mengantar semua program yang ada di kota. Dengan hasil akhir kota harus menjadi nomor satu negeri ini. Maka dari itu, semua lini harus optimal dalam melakukan pelayanan untuk masyarakat.

Tak hanya itu dalam kesempatan yang sama Wali Kota Maidi juga meresmikan sistem pelayanan masyarakat yang berbasis teknologi, yaitu mesin Anjungan Dukcapil Mandiri. Fungsinya yakni, untuk mencetak dokumen kependudukan yang diurus, apakah itu e-KTP, KIA, KK dan akta-akta lain. Nantinya dokumen tersebut langsung keluar dan dapat digunakan oleh masyarakat.

Anjungan tersebut akan ditempatkan pusat keramaian seperti di Pahlawan Street Center agar masyarakat bisa secara langsung mencetak adminduk di kawasan tersebut. “Dengan ini tidak perlu ke kantor pelayanan publik. Kalau pelayanan secara tidak langsung ini, harapannya tidak ada korupsi, tidak ada pungli,” pungkasnya.(Nanda/kus/diskominfo)

Sumber : https://madiunkota.go.id/2021/11/10/buka-sosialisasi-dan-pencanangan-dukcapil-go-digital-wali-kota-harap-pelayanan-publik-makin-optimal/

Skip to content