April 2020 E-tilang Mulai Diterapkan

Pemerintah Kota Madiun bekerjasama dengan Polres Madiun Kota akan menerapkan program e-tilang atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Hal itu terungkap saat kegiatan rapat koordinasi antara Pemkot dengan Kepolisian di kantor Dinas Perhubungan Kota Madiun, Jum’at (24/1/2020). 

Kepala Dishub Kota Madiun, Ansar Rosidi mengungkapkan, rencananya program ETLE akan diterapkan pada April mendatang. CCTV itu kemungkinan tidak hanya dipasang di titik simpang atau perempatan, tetapi juga berlaku di ruas jalan.

Namun yang pasti, lokasi yang akan diterapkan program ETLE masih akan dilakukan analisa dan pembahasan lebih lanjut. Pada program ETLE, penindakan merupakan kewenangan kepolisian. Ansar menyebut, CCTV yang digunakan pun bukan CCTV yang terpasang saat ini, tetapi ada perubahan tekonologi baru.

“Yang digunakan itu kameranya harus kamera cerdas,” katanya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Pembangunan Kota Madiun, Andriono Waskito Murti menuturkan, untuk menerapkan program tilang elektronik, pemkot akan menyiapkan perangkatnya. Mulai ALPR atau kamera untuk mengidentifikasi dan bukti kendaraan. Laser Scanner untuk mendeteksi klasifikasi kendaraan.

“Program ini terus jalan. Step by stepnya setelah rakor ini kita studi banding kemudian pelaksanaan untuk persiapan pengadaan perangkatnya. Insya allah April mudah-mudahan tidak meleset lah untuk launching ETLE di Kota Madiun,” tuturnya.

Skip to content