Mendekati Mudik Lebaran Dishub Menggelar Ramcek

Menjelang mudik Lebaran 2019, Dinas Perhubungan Kota Madiun melakukan pengecekan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) di Terminal Purboyo, Kamis (9/5/2019). Salah satu bagian yang dicek secara detail yaitu roda bus.

Kepala Bidang Angkutan Darat Dinas Perhubungan Kota Madiun, Iman Su’aidi, mengatakan ramp check dilakukan untuk memastikan kelayakan kendaraan bus untuk menghadapi mudik Lebaran. Seluruh bus yang masuk terminal, terutama bus AKAP, diperiksa oleh petugas.

“Kami menerjunkan 15 personel dan dua orang penguji ramcek,” kata dia kepada wartawan.

Iman Su’aidi menuturkan pemeriksaan yang dilakukan yaitu meliputi kaca, lampu, rem kemudi, klakson, hingga roda. Dia menuturkan petugas juga akan secara detail memeriksa ban bus.

Untuk pemeriksaan bus mulai dari ambang batas ketipisan alur ban minimal satu milimeter, terlihatnya serat pada ban, hingga penggunaan ban vulkanisir untuk roda depan. Bus yang kedapatan melanggar aturan akan segera diberhentikan dan diperbolehkan jalan setelah semuanya sesuai standar.

Saat ini belum ada bus yanh melanggar aturan. Namun, petugas telah memberikan peringatan kepada sejumlah sopir bus karena salah jalur dan uji kir sudah dekat.

Skip to content