Walikota Madiun pimpin Upacara Harhubnas 2019

MADIUN – Setiap 17 September Indonesia memperingati Hari Perhubungan Nasional. Tak terkecuali di Kota Madiun. Peringatan Hari Perhubungan dilaksanakan di halaman kantor Dinas Perhubungan Kota Madiun pada Selasa (24/9). Kegiatan tersebut tak hanya dihadiri pejabat di lingkungan Dishub saja, melainkan juga Forkopimda di wilayah Kota Madiun.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Madiun Maidi bertindak sebagai inspektur upacara. Di dalam amanatnya, Walikota menyampaikan bahwa Harhubnas merupakan momen yang tepat untuk melakukan introspeksi diri. ‘’Harhubnas merupakan memontum untuk merenungkan kembali kinerja kita. Menyatukan persepsi untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat,’’ ujarnya.

Menurut Walikota, Dishub Kota Madiun telah menjalankan tugasnya dengan baik. Hal ini terbukti dengan perolehan penghargaan Wahana Tata Nugraha yang diserahkan oleh Kementerian Perhubungan di Jakarta beberapa waktu lalu.

Meski begitu, penghargaan ini juga sebaiknya diiringi dengan peningkatan kinerja. Agar pelayanan, khususnya di bidang perhubungan di Kota Madiun, dapat semakin baik.

Saat ini, Dishub telah menciptakan inovasi pelayanan berbasis IT. Yakni, pelayanan perizinan online dan sistem pengujian kendaraan bermotor online. Selain itu, juga membangun sistem pemantauan lalu lintas terpadu, Traffic Management Center (TMC).

‘’Perkembangan dunia harus kita ikuti. Di sini, Dishub kami sudah mengikuti perkembangan itu. Sehingga, langkah-langkah antisipasi seperti kecelakaan maupun pelanggaran dapat dilakukan lebih dini,’’ paparnya.

Lebih lanjut, Walikota menjelaskan, TMC merupakan sistem pemantauan lalu lintas melalui kamera CCTV. Pemantauan dilakukan selama 24 jam dan terhubung dengan Satlantas Polres Madiun Kota. Selain itu, pelanggar dapat langsung ditegur melalui pengeras suara yang terpasang di lampu lalu lintas.

Walikota pun berharap, ke depan kinerja Dishub semakin baik dan muncul inovasi-inovasi baru untuk meningkatkan pembangunan di Kota Madiun. Selain itu, juga menjalankan program dan kegiatan sesuai dengan visi misi Kota Madiun sebagai bagian dari Smart City. ‘’Muaranya, kesejahteraan di Kota Madiun semakin cepat terpenuhi,’’ tandasnya

Skip to content