Jl. Hayam Wuruk No. 62, Kota Madiun
(0351) 4472235
dinasperhubungankotamadiun@gmail.com

Studi Tiru ke Yogyakarta, Wali Kota Kenalkan Potensi Wisata Kota Pendekar

YOGYAKARTA – Biasanya studi tiru dilakukan untuk menyerap inovasi suatu daerah yang dapat diterapkan di daerah lain. Namun, tidak demikian dengan Wali Kota Madiun Maidi. Pada kesempatan itu, orang nomor satu di Kota Pendekar tersebut juga mempromosikan pariwisata di Kota Madiun.

Hal itu dilakukan wali kota saat melaksanakan studi tiru ke Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (24/9). Momen kunjungan itu dimanfaatkan wali kota untuk mengenalkan Kota Madiun lebih detail. Khususnya, di bidang pariwisata.

“Selama pandemi memang dilakukan pembatasan. Tapi di Kota Madiun UMKM terus berjalan. Ini karena didukung oleh infrastruktur yang memadai,” tuturnya saat menghadiri pertemuan dengan pejabat Dinas Kebudayaan Provinsi DIY di Kantor Desa Pandowoharjo.

Lebih lanjut, wali kota menjelaskan bahwa pembangunan untuk mendukung perekonomian tetap berjalan meski ada pandemi Covid-19. Salah satunya seperti kawasan Pahlawan Street Center. Tidak hanya trotoar yang luas, area itu juga dilengkapi miniatur ikon enam negara. Serta, sentra UMKM yang menyediakan berbagai oleh-oleh khas Kota Madiun.

Tak hanya itu, lapak UMKM di tiap kelurahan juga dibangun sesuai ciri khas masing-masing wilayah untuk mendukung perekonomian hingga ke pinggiran kota. Pembangunan ini juga didukung dengan berbagai kegiatan yang diinisiasi Pemkot Madiun untuk mendatangkan wisatawan.

Kini, manfaat dari berbagai pembangunan tersebut telah dirasakan oleh masyarakat. Meski pandemi memaksa pembatasan di sejumlah sektor, namun perekonomian masyarakat tetap bisa berjalan.

Hal inipun mengundang perhatian dari Pemprov DIY. Seperti yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan DIY Dian Widowati Lestari. “Saya sangat apresiasi perubahan yang dilakukan Pemkot Madiun. Salah satunya pedestrian di sekitar Jalan Pahlawan,” ungkapnya saat memberikan sambutan.

Ke depannya, Pemkot Madiun dan Pemprov DIY akan menjalankan kerja sama. Khususnya, dalam hal pengelolaan kebudayaan dan bangunan bersejarah di Kota Madiun. Sehingga, dapat meningkatkan potensi wisata di Kota Pendekar. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

Sumber artikel : https://madiunkota.go.id/2021/09/24/studi-tiru-ke-yogyakarta-wali-kota-kenalkan-potensi-wisata-kota-pendekar/