Jl. Hayam Wuruk No. 62, Kota Madiun
(0351) 4472235
dinasperhubungankotamadiun@gmail.com

Kota Madiun siapkan jalur khusus untuk sepeda

Kota Madiun siapkan jalur khusus untuk sepeda

Pemerintah Kota Madiun melalui Dinas Perhubungan tahun ini membuat jalur khusus sepeda. Jalur tersebut sengaja dibuat untuk pengguna sepeda dan kendaraan yang tidak bermotor yang memerlukan tenaga manusia. Penggunaan sepeda memang perlu diberi fasilitas untuk meningkatkan keselamatan para pengguna sepeda.

Kepala Dishub, Ansar Rasidi mengatakan, jalur tersebut sementara ini baru dibuat dari patung pecel di Jalan Pahlawan hingga perempatan tugu ke timur sampai timur perempatan klegen. Selain itu juga dari perempatan tugu ke selatan hingga ke Jalan Musi.

Saat ini tingkat kepadatan arus lalu lintas di Kota Madiun cukup tinggi. Disamping itu penggunaan sepeda perlu didorong karena hemat energi dan tidak mengeluarkan polusi udara yang signifikan.

Ditanya terkait ruas khusus pesepeda yang beralih fungsi sebagai tempat parkir, kata Ansar sudah dilakukan penataan marka. Sedangkan untuk lokasi larangan parkir Dishub sudah menyiapkan rambu. Cara tersebut diklaim dapat memudahkan Dishub untuk melakukan penindakan.